Search

Terjual 500.000 Unit, Inilah Sejarah Panjang Hino di Indonesia

loading...

JAKARTA - PT. Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI), selaku Agen Pemegang Merek kendaraan bermotor Hino dan produsen kendaraan bermotor Hino beserta komponennya bersama dengan PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) selaku distributor utama kendaraan merek Hino di Indonesia, turut ambil bagian dalam mendukung pembangunan infrastruktur dari program kerja Pemerintah tersebut.

Pencapaian produksi kendaraan Hino ke 500.000 unit dicapai bersamaan dengan perayaan hadirnya Hino di Indonesia selama 37 tahun sejak berdirinya pada tanggal 17 Desember 1982. Hal ini merupakan bukti nyata keberadaan Hino semakin dapat diterima oleh masyarakat luas melalui produk yang berkualitas, harga yang kompetitif serta mudah untuk mendapatkan suku cadang di jaringan service dan spare parts Hino di seluruh Indonesia.

Pencapaian produksi kendaraan ke 500.000 unit tersebut merupakan hasil dari proses panjang, kerja keras dan adanya dukungan penuh dari pelanggan, dealer, pemegang saham, manajemen, karyawan, serikat pekerja, pemasok, Instansi Pemerintah terkait serta pihak-pihak lainnya.

Baca Juga:

Sejarah panjang keberadaan Hino di Indonesia dimulai pada tahun 1967 dalam bentuk kendaraan bus lengkap yang merupakan hibah Pemerintah Jepang kepada Pemerintah Indonesia sebagai bentuk kompensasi pendudukan Pemerintah Jepang pada saat perang dunia kedua.

Dengan meningkatnya kebutuhan sarana transportasi darat, maka proses komersialisasi dan industrialisasi kendaraan bermotor Hino dimulai pada awal dekade 1970an dengan ditandai dimulainya proses perakitan secara sederhana di Indonesia.

Selanjutnya pada tahun 1982 didirikan PT. Hino Indonesia Manufacturing (HIM) yang merupakan perusahaan patungan antara prinsipal Hino Motors Ltd., Japan dengan Grup Salim, berlokasi di Tambun - Jawa Barat. Pada saat itu, HIM memproduksi komponen-komponen utama kendaraan bermotor untuk memenuhi kewajiban pendalaman manufaktur yang ditetapkan oleh Pemerintah.

Pada pertengahan dekade 1980an, diluncurkan kepada masyarakat luas truk Hino Ranger FF Series dan Bis AK Series, dilanjutkan dengan peluncuran truk FL dan FM pada awal tahun 1990an, yang merupakan cikal bakal sejarah suksesnya Hino di Indonesia.

Guna mendukung kebijakan Pemerintah dalam hal keselamatan berkendara, maka diluncurkan Mobil Penarik atau Tractor Head SG221MA pada tahun 1995.

Dengan semakin meningkatnya kebutuhan akan kendaraan komersial di Indonesia, maka pada bulan April 1997 dilakukan peletakan batu pertama pembangunan pabrik Hino di Kawasan Industri Kota Bukit Indah - Kabupaten Purwakarta Jawa Barat.

Setelah mengalami penundaan pembangunan pabrik dikarenakan krisis moneter yang melanda Indonesia, maka pada tahun 2003 menjadi awal bangkitnya Hino di Indonesia, diawali dengan restrukturisasi HIM menjadi HMMI dan HMSI. Peresmian pabrik baru HMMI dilakukan oleh Menteri Perindustrian pada tanggal 8 September 2003 dan pada saat yang bersamaan diluncurkannya generasi baru Hino Truk Ranger - FG, FL dan FM Series.

Seiring semakin meningkatnya permintaan pasar terhadap kendaraan Hino, baik pasar domestik maupun ekspor, maka kapasitas terpasang produksi juga ditingkatkan melalui penambahan investasi dan modal kerja. Salah satu realisasinya melalui penambahan lini produksi yang semula hanya terdiri 1 (satu) lini produksi menjadi 2 (dua) lini produksi pada tahun 2009.

Peresmian perluasan pabrik HMMI tersebut dilakukan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia pada tanggal 17 Desember 2009.

Pada tahun 2012 merupakan era baru bagi HMMI dengan dimulainya proses permesinan (machining) untuk komponen engine yang meliputi: cylinder block, cylinder head, camshaft, crankshaft, dan connecting rod.

Komponen utama lainnya seperti : transmisi, propeller shaft dan rear axle juga diproduksi di HMMI, selain komponen komponen lainnya yang terus ditingkatkan dibuat di dalam negeri melalui pemasok (supplier).

Dampak dari meningkatnya proses manufaktur di dalam negeri tersebut, maka tingkat kandungan komponen dalam negeri pun meningkat dengan drastis. Pada saat ini tingkat kandungan dalam negeri kendaraan bermotor Hino berada pada kisaran 50% sampai dengan 70%.

Selain untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, HMMI turut mendukung pendapatan devisa melalui kegiatan ekspor komponen dan kendaraan.

Saat ini HMMI tercatat sebagai perusahaan produsen pertama di Indonesia yang melakukan ekspor kendaraan truk dan bus sejak tahun 2011 ke Vietnam dan Filipina.

HMMI terus melebarkan jaringan ekspor kendaraan ke negara tujuan lainnya dengan total tujuan 15 negara (antara lain: Filipina, Vietnam, Laos, Haiti, Bolivia dan beberapa negara di Afrika Barat) sebanyak 13.000 unit kendaraan dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

Ekspor komponen kendaraan bermotor Hino juga telah dilakukan ke 17 negara tujuan. Kedepannya, volume dan nilai ekspor akan terus ditingkatkan, sejalan dengan diberlakukannya ambang batas emisi gas buang EURO 4 pada tahun 2021.

Seiring dengan kebijakan Pemerintah terkait energi baru terbarukan dan konservasi energi, maka Hino menjawab tantangan tersebut dengan memproduksi kendaraan chasis bis berbahan bakar gas (CNG) pada tahun 2006 guna memenuhi kebutuhan armada TransJakarta. Di samping itu teknologi engine yang dapat mengkonsumsi bahan bakar bio solar juga dikembangkan secara berkesinambungan sejalan dengan kebijakan Pemerintah dalam meningkatkan campuran minyak nabati pada bahan bakar solar.

Produk kendaraan Hino yang berbasis ramah lingkungan di produksi di pabrik yang memiliki komitmen untuk menjaga lingkungan hidup dengan mengadopsi sistem manajemen lingkungan ISO14001-2015 secara mandiri serta program PROPER yang merupakan kebijakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Sampai dengan saat ini HMMI telah memperoleh peringkat HIJAU selama 5 tahun berturut turut dengan target pencapaian peringkat EMAS pada tahun 2022.

Melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) secara berkesinambungan, Hino memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan masyarakat, meningkatkan pendidikan, memperbaiki sarana kesehatan, perlindungan lingkungan hidup serta pelestarian budaya.

Sejarah panjang keberadaan Hino di Indonesia akan terus berlanjut dan turut berperan aktif dalam gerak roda pembangunan masyarakat Indonesia dengan menyediakan produk-produk kendaraan yang handal dan berkualitas, sesuai dengan kebutuhan masyarakat luas dan perkembangan jaman. Pengembangan produk dan peran aktif Hino beserta seluruh stakeholder, akan terus dilakukan dengan tujuan mencapai Visi tahun 2025 yaitu Menjadi Perusahaan Truk dan Bis Nomor 1 di Indonesia yang Berkembang Secara Global.

(wbs)

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terjual 500.000 Unit, Inilah Sejarah Panjang Hino di Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.