Search

Semua Kendaraan Cocok, Fastron-Enduro Dipakai Berbagai Lapis Usia

loading...

Penetrasi oli fastron dan enduro menjangkau semua lapisan usia dan semua kendaraan roda dua. Sebagian besar warga pemilik motor mengaku menggunakan kedua merek oli buatan Pertamina Lubricant tersebut. Tiga dari empat orang yang ditanya mengenai penggunaan oli, mengaku memilih fastron dan enduro untuk pelumas mesin kendaraan roda dua mereka.

Dengan alasan hampir sama, mereka memilih baik fastron pun enduro. Pemilik honda beat Tono (38) warga perumahan Citra Indah, Kelurahan Singajaya, Kecamatan Jonggol, Bogor, Jawa Barat mengaku, dirinya selalu menggunakan fastron jika hendak mengganti oli untuk kendaraan roda duanya.

"Saya selalu menggunakan pelumas fastron tiap dua bulan sekali. Selain harganya terjangkau, fastron terasa cocok dengan motor saya," papar Tono yang saban hari berangkat kerja ke Jakarta.

Baca Juga:

Hal senada disampaikan Mamat (24) warga perumahan Bukit Putra, Desa Situ Sari, Kecamatan Cielungsi, Bogor, Jawa Barat. Mamat yang suka membawa Yamaha ke kantor mengaku mimilih enduro dan kadang berganti fastron. Meskipun penah memakai merek lain, namun dia lebih sering menggunakan kedua oli keluaran Pertamina Lubricant.
"Selain harga murah meriah, tarikannya terasa enteng," kata Mamat yang mengaku selalu ganti oli setiap menempuh jarak 2000 kilo meter atau setiap dua bulan.
Eko (53) pemilik suzuki juga mengakui memakai oli fastron untuk merawat motornya. Ditanja jenis apa yang biasa dipakai, Eko mengatakan, dirinya tidak terlalu paham soal jenis oli fastron. “Saya tak terlalu paham soal jenis. Tapi kalau saya tanya penjual, mereka hanya mengatakan pakai fastron. Dan ternyata memang baik juga,” akunya.

Lain halnya Dedy (35), pemilik bengkel Sahabat Motor, sangat menguasai merek dan jenis oli serta oli mana saja yang mendapat rekomendasi. Dedy yang sudah lama di dunia otomotif sangat paham soal oli yang baik. Di pasaran, dia mengakui, yang sering dipakai adalah oli mesran dan enduro.

“Saya jual enduro. Selain murah, juga kualitasnya sangat bagus. Karena itu banyak juga yang beli,” kata Dedy sambil menunjuk rak tempat botol oli dipajang. Untuk perawatan motor, jelasnya, fastron dan enduro kualitasnya terjamin. Kedua oli tersebut membuat mesin motor dan mobil awet, tidak cepat panas, dan performa stabil.

Saat ini, bengkel milik Dedy lebih banyak menjual enduro jenis gear 4T full synthetic. Stok oli jenis ini selalu tersedia karena cukup banyak warga yang memiliki motor metik. Gear 4T full synthetic ini merupakan pelumas roda gigi motor matik berkemampuan tinggi yang diformulasikan dari base oil sintetik dan aditif pilihan.

“Itu stoknya mau habis, saya mau pesan lagi. Sebelumnya saya juga 4T Racing SAE 10W-40, yang kemasannya biru,” kata Dedy sambil menunjuk ke rak tempat enduro dipajang.

Dedy juga menjual enduro jenis 4T Racing SAE 10W-40 yang merupakan pelumas motor empat langkah berkekentalan ganda dengan kualitas tinggi. Oli ini diformulasikan dengan base oil sintetik dan aditif API SL terpilih. Menurut Dedy, para pemilik kendaraan baik itu roda dua maupun roda empat, seharusnya memiliki pemahaman mengenai cara merawat mesin kendaraan.

“Kendaraan jenis apa yang dimiliki, cocokanya pelumas jenis apa agar mesin terawat dan terasa enak saat digunakan. Sebaiknya memilih merek yang direkomendasi,” tuturnya.

(don)

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Semua Kendaraan Cocok, Fastron-Enduro Dipakai Berbagai Lapis Usia"

Post a Comment

Powered by Blogger.