Search

Implementasi 5G di Indonesia Masih Dalam Tahap Uji Coba

loading...

JAKARTA - Implementasi 5G di Indonesia masih belum bisa dipastikan. Sebab, saat ini teknologi jaringan kelima itu masih dalam tahap uji coba yang dilakukan oleh semua operator di Tanah Air.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, mengungkapkan, ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan pemerintah sebelum menghadirkan 5G di Indonesia.

Pertama, pemerintah pertimbangkan terkait pilihan teknologinya. Kedua, berhubungan dengan perekonomian nasional. Ketiga, terkait geostraregisnya.

Baca Juga:

Sedangkan untuk spektrum frekuensinya, lanjut Johnny, pemerintah sedang melakukan farming dan refarming frekuensi, untuk disiapkan spektrum bagi 5G, lower band di coverage layer, maupun di superband.

"Sehingga 5G diimplementasikan tidak terjadi interferensi," ungkap Johnny, di kantornya, Selasa (28/1/2020).

Menurut Johnny, banyak perusahaan sangat tertarik ikut serta dalam pengadaan 5G di Indonesia. Antara lain adalah perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, Qualcomm.

"Tapi ada grup lain seperti Huawei, Ericson. Sekarang masih trial, nanti pilihan teknologi akan diputuskan oleh pemerintah," jelas politikus Nasdem itu.

Foto: Menkominfo, Johnny G. Plate, dalam memaparkan kondisi penghadiran 5G di Indonesia.

(wbs)

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Implementasi 5G di Indonesia Masih Dalam Tahap Uji Coba"

Post a Comment

Powered by Blogger.