Search

Microsoft Ungkap Penyebab Munculnya Pesan Misterius 'G'

loading...

NEW YORK - Setelah lebih dari satu tahun, akhirnya Microsoft ungkap aplikasi misterius "G" yang mencegah pengguna untuk Shut down. Pesan misterius "G" ini telah menimbulkan kekhawatiran dari pengguna Windows 10.Beberapa pengguna menjadi bingung setelah melihat pesan kesalahan "G", namun ketika di scan melalui antivirus tidak ditemukan malware. Selain itu, itu tidak juga menunjukkan nama .exe untuk aplikasi.
Oktober lalu Microsoft menjelaskan bahwa aplikasi misterius "G" yang muncul saat Shut down sedang dalam daftar perbaikan bug untuk membangun pratinjau Windows 10 dari cabang 20H1, yang akan keluar tahun depan.

Mengutip dari laman ZDNet Senin, (25/11/2019) Microsoft mengatakan sedang menyelidiki laporan pengguna, menemukan masalah dan memperbaiki masalah di 20H1. Alih-alih malware, ternyata hal ini disebabkan oleh kekhasan dalam cara Windows menangani GDI + (Graphics Device Interface), yaitu komponen grafis yang awalnya ditulis untuk Windows 98.

"Kami menyelidiki dan menemukan masalah di mana jendela yang terkait dengan GDI + hanya dirujuk sebagai 'G'. Kami telah memperbaiki ini, jadi ke depan, ini akan memiliki nama 'GDI + Window ()', di mana akan menampilkan nama .exe dari aplikasi menggunakan GDI +" ujar tim Windows Insider.

Baca Juga:

Microsoft sendiri juga menawarkan penjelasan yang jauh lebih rinci dari Raymond Chen, seorang veteran Microsoft yang telah bekerja di Windows selama lebih dari dua dekade.

Menurut Chen, "G" hanya muncul di Windows karena bug salah menafsirkan teks Unicode sebagai ANSI (American National Standard Institute), yang biasanya muncul hanya sebagai karakter pertama dari suatu aplikasi. "Jika anda mengirimkan pesan Unicode anda ke DefWindowProcA, maka anda akan menemukan bahwa banyak string terpotong pada karakter pertama mereka" jelas Chen.

Chen juga melanjutkan, ketika sebuah program mencegah pengguna untuk keluar atau mematikan, Windows akan mencari jendela yang terlihat milik program itu dan menggunakannya untuk mewakilinya di layar Blocked Shutdown Resolver (BSDR).Tetapi jika program tersebut tidak memiliki jendela yang terlihat, maka BSDR akan mengambil jendela apa pun yang termasuk dalam program, terlihat atau tidak, dan terkadang jendela tak terlihat yang dipilih adalah yang bernama "G".
Itu sebabnya pengguna berakhir dengan pesan yang melibatkan beberapa program misterius bernama "G" yang mencegah pengguna untuk mematikan komputer. (AUZA ASYANI)

(wbs)

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Microsoft Ungkap Penyebab Munculnya Pesan Misterius 'G'"

Post a Comment

Powered by Blogger.