Search

Mesir Pamerkan Mumi Kucing Hingga Kumbang Terbesar di Dunia

loading...

KAIRO - Sejumlah mumi hewan yang ditemukan di Mesir kuno untuk pertama kalinya dipamerkan di dekat Kairo. Otoritas Mesir memamerkannya kepada publik tidak jauh dari nekropolis Saqqara, Sabtu kemarin.

Mumi ini ditemukan oleh para arkeolog setahun yang lalu, di dekat Step Pyramid di Saqqara, selatan ibu kota. Hewan yang telah dibalsamkan seperti kucing, buaya, ular kobra, dan burung, ditemukan bersama ratusan artefak lain, di antaranya topeng dan patung.

Saat ini, Kementerian Purbakala Mesir belum bisa memastikan dua dari mumi yang ditemukan. Sebab masih dilakukan pengujian untuk memverifikasi apakah kedua mumi itu adalah jasad anak singa atau bukan.

Baca Juga:

Pasalnya, tidak seperti penemuan mumi kucing sebelumnya, penemuan mumi singa yang masih berbentuk utuh ini dianggap sangat langka.

Mengutip laman BBC, Senin (25/11/2019), di depan awak media, salah satu pejabat Mesir mengatakan, arkeolog juga menemukan sebuah kumbang scarab besar yang menjadi salah satu penemuan yang paling penting.

“Ini adalah scarab terbesar di seluruh dunia. Penemuan paling indah dari ratusan temuan itu,” kata Mostafa Waziri, Sekretaris Jenderal Egypt’s Supreme Council of Antiquities.

Saqqara merupakan lahan pemakaman kuno Memphis, yang pernah menjadi Ibu Kota Mesir kuno selama lebih dari dua millennium. Letaknya sekitar 30 kilometer ke selatan dari Kairo.

Saqqara adalah tempat pemakaman yang aktif digunakan selama lebih dari 3.000 tahun. Saat ini, Saqqara telah ditetapkan oleh Unesco sebagai situs warisan dunia.

Dalam beberapa tahun terakhir, Mesir semakin meningkatkan promosi temuan arkeologisnya, sebagai upaya menghidupkan kembali industri pariwisatanya yang sempat mengalami kelesuan.

(wbs)

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mesir Pamerkan Mumi Kucing Hingga Kumbang Terbesar di Dunia"

Post a Comment

Powered by Blogger.