Search

Sejarah Suzuki Jimny di Indonesia, Si Jangkrik Punya 1000 Cerita

loading...

JAKARTA - Kegembiraan menyambut kehadiran Suzuki Jimny juga dirasakan di Indonesia, Pasalnya Suzuki Jimny  pernah hadir di Indonesia pada tahun 1981 - 1983 dan terkenal dengan sebutan Jimny Jangkrik
.
Suzuki Jepang  sendiri memproduksi kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV) sejak 1968. Namun Meskipun di Indonesia baru terhitung puluhan  tahun, namun penggemar Jimny tak pernah sepi di Tanah Air.

Dengan mengutip dari berbagai sumber, SINDOnews coba mengulas model Sport Utility Vehicle (SUV) jagoan Suzuki ini meskipun mempunyai bodi yang mini namun sanggup melibas lintasan off-road. .

Awalnya, semua jenis Jimny di Indonesia berpenggerak empat roda (4WD). Namun karena adanya berbagai benturan terutama dari skema perpajakan dari pemerintah yang bertujuan untuk melindungi industri lokal akhirnya memaksa Suzuki mereformasi produk unggulannya ini. Sebab, Jimny terkena imbas dari kenaikan pajak bagi kendaraan berpenggerak 4 roda, JIP dan SUV.

Skema tersebut juga ikut membentur segmen lain, diantaranya mobil sedan dan mobil lain dengan mesin force induction yaitu penggunaan turbocharger dan supercharger. Sehingga mau tak mau Suzuki harus mengubah Jimny 4WD menjadi Jimny 2WD yang lebih dikenal sebagai Jimny Banci.

1. Suzuki Jimny Trepes dan Jimny Samurai (1981 - 1983)

Tahun 1981 merupakan awal permulaan Jimny SJ410 memulai karirnya. Jimny Trepes menjadi model perdana yang dijual di Indonesia. Sesuai namanya, ciri khas Jimny Trepes dapat dikenali dengan mudah dari desain atapnya yang pendek. Sehingga interiornya pun sempit dan tidak cocok bagi orang berpostur 170 cm lebih.

Sejarah Suzuki Jimny di Indonesia, Si Jangkrik Punya 1000 Cerita

Di tahun yang sama, Jimny Samurai SJ413 juga turut dijual namun peredarannya sangat langka. Dibandingkan Trepes yang hanya berkapasitas 1.000cc, mesin Jimny Samurai lebih besar yakni 1.300cc. Sebagai info tambahan, angka 10 dan 13 di depan kode SJ4 menandakan kapasitas mesin. Dari segi bentuk body, keduanya tidak berbeda jauh.

Sejarah Suzuki Jimny di Indonesia, Si Jangkrik Punya 1000 Cerita

2. Jimny V3 / Super Jimny 6 (1984 - 1988)

Memasuki tahun 1984, posisi Jimny Trepes digantikan oleh Jimny V3 atau sering disebut sebagai Super Jimny 6. Masalah yang kerap ditemui sebelumnya yaitu headroom sempit, tak lagi ditemukan pada varian ini sebab atapnya sedikit lebih tinggi. Dari faktor estetika pun, model eksterior Super Jimny tergolong lebih proporsional dan sporty. Namun begitu, atapnya belum setinggi model Katana hasil produksi Suzuki Indomobil.

Sejarah Suzuki Jimny di Indonesia, Si Jangkrik Punya 1000 Cerita

3. Jimny Sierra (1983 - 1985)

Dibandingkan ketiga jenis Jimny di atas, Jimny Sierra terbilang sangat unik. Dimensi bodinya sama persis seperti Jimny Trepes dengan atap rendah, tapi bagian bodi belakang menggunakan fiberglass atau kanvas yang dapat dibongkar pasang sehingga menjadi sebuah mini pick-up dan turut dilengkapi oleh bando / targa di tengah interior. Mulanya, pada tahun 1983 hingga pertengahan 1984, kaca belakang Jimny Sierra ukurannya masih kecil. Sementara mulai pertengahan 1984 hingga 1985, ukuran kacanya diperbesar sehingga visibilitas pengemudi ke arah belakang mulai membaik. Untuk pintu belakang, bagian kacanya dapat dibuka ke atas sedangkan bagian bawahnya dibuka ke arah samping. Contoh termudah dapat dilihat pada Honda CRV Gen 1 atau CRV Gen 2. Keunikan Jimny Sierra lainnya ada pada kaca depan dimana kacanya dapat dilipat sebab terdapat sepasang engsel.
Sejarah Suzuki Jimny di Indonesia, Si Jangkrik Punya 1000 Cerita

4. Jimny Caribian (2005 - 2007)

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

Related Posts :

0 Response to "Sejarah Suzuki Jimny di Indonesia, Si Jangkrik Punya 1000 Cerita"

Post a Comment

Powered by Blogger.