Search

Smartfren Jelaskan Apa Itu Small Cell yang Jadi Syarat 5G

loading...

PONOROGO - Menuju ke era jaringan generasi kelima atau 5G, salah satu operator seluler Indonesia, Smartfren menyebut ada syarat yang harus dipenuhi jika ingin sampai ke sana.

Salah satunya adalah small cell. VP Technology Relations and Special Project Smartfren, Munir Syahda Prabowo, menjelaskan, small cell merupakan perangkat transmisi jaringan untuk menaungi area geografis yang kecil.

Small cell berperan untuk mengirimkan kecepatan data dan lattency yang rendah demi kebutuhan 5G. "Small cell salah satu road (jalan) untuk ke 5G. Jadi nanti kalau kita 5G, kita sudah memiliki jalannya (small cell) sehingga tidak terlalu sulit," ucap Munir saat acara Media Experience East Java di Plataran Bromo, Jawa Timur.

Baca Juga:

Smartfren pun mengklaim saat ini sudah menggunakan teknologi small cell untuk menangani kebutuhan 4G di seluruh Indonesia. Tujuannya untuk membuat jangkauan jaringan lebih rapat, sehingga tidak akan terjadi blank spot.

"Dengan small cell diharapkan tidak ada blank spot karena (jaringan) lebih rapat, areanya dibikin terbatas sedemikian rupa supaya tidak terputus," imbuhnya.

Small cell merupakan infrastruktur jaringan yang jauh lebih kecil dibanding macro cell. Sebab small cell ini bisa ditempelkan di tembok-tembok rumah, maupun tiang listrik.

"Kelebihannnya low elektrisitas, dayanya kecil, desainnya sangat compact sehingga bisa dipasang di ruang yang terbatas itu lebih mudah, ringan, dan cepat instalasinya," tuturnya.

Munir menyebutkan, secara nasional small cell sudah terpasang. Terutama Pulau Sumatera dan Jawa, pokoknya ada ribuan," tandasnya.

(mim)

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Smartfren Jelaskan Apa Itu Small Cell yang Jadi Syarat 5G"

Post a Comment

Powered by Blogger.