
loading...
Sepanjang Januari hingga Desember 2018, Mitsubishi berhasil menjual sebanyak 146.805 unit. Penjualan itu didominasi oleh Mitsubishi Xpander sebanyak 75.772 unit, Mitsubishi Pajero Sport 4x2 sebanyak 20.048 unit, Mitsubishi Pajero Sport 4x4 (1.693 unit), Mitsubishi Outlander Sport (859 unit), Mitsubishi Mirage (559 unit) dan Mitsubishi Delica sebanyak 32 unit.
Dari segmen mobil penumpang itu total penjualan tahun lalu mencapai 98.964 unit. Sisa penjualan disumbangkan oleh mobil kendaraan ringan Mitsubishi yang terjual sebanyak 47.841 unit tahun lalu.Angka penjualan itu hampir dua kali lipat dibandingkan capaian Mitsubishi pada 2017. Pada saat itu Mitsubishi hanya mencapai penjualan sebanyak 79.807 unit.
Baca Juga:
“Ini capaian terbaik yang pernah diraih oleh Mitsubishi sepanjang sejarahnya di Indonesia,” ujar Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI. Capaian positif itu justru terus berlanjut di awal tahun ini. Menurut Naoya Nakamura penjualan Januari-Februari tahun ini tulang punggung penjualan mobil mereka, Mitsubishi Xpander memimpin pasar Small MPV. Diketahui Penjualan secara wholesales (pabrik ke diler), Xpander mengantongi 5.708 unit pada Januari.
Sedangkan Februari mencapai 5.532 unit. Total dua bulan kemarin menjadi 11.240 unit. Pada periode sama, pemasaran retail 5.615 unit dan 5.960 unit. Total jualan yang sampai ke tangan konsumen 11.575 unit. "Januari dan Februari 2019, penjualan retail kami untuk Xpander paling laris. Kami bakal meningkatkan penjualan di pasar Small MPV dan siap menjadi nomor satu. Tahun ini kami menargetkan jadi nomor satu,” ucap Naoya Nakamura.
Naoya Nakamura melanjutkan Mitsubishi optimis tahun ini penjualan akan tetap naik seiring dengan perkembangan pasar otomotif Indonesia. MMKSI menargetkan penjualannya mencapai 150.000 unit. Dengan komposisi penjualan kendaraan penumpangnya naik menjadi 108.000 unit dan kendaraan niaga ringan menjadi 42.000 unit. "Kami percaya dengan hasil yang baik di 2018, maka di 2019 penjualan dan pangsa pasar kami akan naik," katanya.
Keinginan Mitsubishi untuk jadi nomor satu memang tidak main-main. Untuk mewujudkannya tahun ini mereka akan meningkatkan kapasitas produksi pabrik Mitsubishi yang ada di Bekasi yang semula 120.000 unit per tahun menjadi 160.000 unit per tahun. Naoya Nakamura mengatakan 50 persen dari total produksi itu didominasi oleh Mitsubishi Xpander. Dia mengatakan Mitsubishi Xpander dan Mitsubishi Pajero Sport saat ini memang jadi model yang paling banyak diminati oleh konsumen.
“Bicara soal mobil penumpang, tentu Xpander dan Pajero Sport merupakan model yang utama buat kami. Tidak ada yang tahu bagaimana yang terjadi di masa depan di kedua model itu, namun Mitsubishi akan tetap men-challenge agar kedua model itu tetap mendapatkan share yang tinggi,” jelasnya.
Selain menambah kapasitas produksi, Irwan Kuncoro, Director of Sales and Marketing PT MMKSI menargetkan bakal menambah jaringan dealernya menjadi 153 buah termasuk menambahkan jumlah dealer dengan fasilitas Mitsubishi odi & Cat menjadi 20 buah untuk kendaraan penumpang dan niaga ringan di Indonesia.
Mitsubishi juga dipastikan membawa mobil baru di kalender 2019 ini. Hal ini dilakukan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat Indonesia dalam implementasinya memperkuat lini produk dan capaian target 2019. “Kita tidak bisa bicara modelnya apa yang dibawa. Kita tunggu saja,” ujar Irwan Kuncoro.
10 Besar Merek Mobil Terlaris pada 2018
Toyota masih mendominasi penjualan retail mobil 2018. Berikut ini 10 besar merek mobil paling laris di Indonesia pada 2018. Apa saja?
Toyota 356.063 unit
Daihatsu 200.178 unit
Honda 162.956 unit
Mitsubishi 146.805 unit
Suzuki 116.688 unit
Fuso 51.132 unit
Hino 40.072 unit
Isuzu 25.286 unit
Wuling 15.162 unit
Datsun 9.823 unit
(don)
Bagikan Berita Ini
0 Response to "Misi Mitsubishi, Jadi Automotif Nomor Satu di Indonesia"
Post a Comment