Search

Jadi Kebanggaan RI, Presiden Lepas Ekspor ke-1,5 Juta Motor Yamaha

loading...

JAKARTA - PT Yamaha Indonesia Motor Mfg. (YIMM) hari ini menggelar acara 'Pelepasan ke-1,5 Juta Ekspor Motor Yamaha' di Pabrik Global YIMM, Pulogadung, Jakarta Timur.

Kegiatan tersebut diadakan guna merayakan pencapaian ekspor sepeda motor Yamaha yang tercatat lebih dari 1,5 juta unit. Pada kesempatan itu, turut hadir Presiden Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Ishii Masafumi, dan jajaran Yamaha Group serta stakeholders terkait lainnya.

Presiden menegaskan, apa yang dilakukan Yamaha patut dicontoh oleh merek lain. Karena produk-produk Yamaha Indonesia kini telah terkenal di Eropa, Amerika Serikat, India, dan Jepang.

"Apa yang dilakukan Yamaha membuat karya anak bangsa terkenal di dunia. Bahkan waktu Asian Game 2018 saya memakai Yamaha. Jadi saya berharap apa yang sudah dilakukan Yamaha bisa ditingkatkan lagi. Angka 15 juta tentu sangat luar biasa," puji Jokowi di sela-sela kunjungannya di Pabrik Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Pulogadung, Jakarta Timur, Senin (3/12/2018).

Saat ini PT YIMM secara khusus dipercaya oleh principal Yamaha Jepang untuk memenuhi kebutuhan sepeda motor Yamaha di pasar global. Melalui kerja nyata anak bangsa, Yamaha Indonesia bertransformasi menjadi pabrik eksportir terbesar di dunia dalam jajaran Yamaha Group dan juga terbesar di industri sepeda motor Indonesia.

Pada tahun 2018 perkiraan ekspor Yamaha Indonesia mencapai 338.000 unit dan 5.300.000 CKD set atau naik 14,7 kali lipat dibanding 2014. Sedangkan kandungan lokalnya pada proses produksi sebesar 94% dengan komposisi untuk ekspor 25% dari hasil produksi.

Kinerja ekspor tersebut secara signifikan memberikan dampak positif bagi ekonomi Indonesia, yakni mencatat surplus perdagangan sebesar USD813,6 juta atau setara Rp11,8 triliun. Hal tersebut direalisasikan melalui ekspor sepeda motor jenis XMAX, NMAX, LEXI, AEROX, YZF-R3, YZF-R25, MT-03, MT-25, YZF-R15, MX-King, dan beberapa model lain yang di ekspor ke 45 negara di 5 benua. Negara tujuan ekspor di antaranya, Jepang, Amerika Serikat, Rusia, Jerman, Prancis, dan negara-negara Asia, Afrika serta Australia.

Penerimaan pasar global sekaligus menjadi bukti pengakuan dunia atas kualitas sepeda motor produksi Indonesia. “Pencapaian ekspor Yamaha Indonesia ini sangat membanggakan. Kami selalu berupaya untuk terus menjaga standar kualitas produk serta meningkatkan kegiatan ekspor untuk masa yang akan datang. Kami yakin Indonesia akan menjadi bagian penting produksi sepeda motor Yamaha untuk kebutuhan global. Produk-produk Yamaha saat ini telah menjadi kebanggaan Indonesia yang mendunia” timpal Minoru Morimoto, President Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor.

(mim)

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jadi Kebanggaan RI, Presiden Lepas Ekspor ke-1,5 Juta Motor Yamaha"

Post a Comment

Powered by Blogger.