Search

Blockchain Platin Bikin Bisnis Ritel Raup Lebih Banyak Konsumen

loading...

JAKARTA - Metode marketing konvensional menjadi semakin sulit untuk mencari pasar atau konsumen baru. Hal ini dikarenakan pasar ritel menjadi lebih global dan metode belanja online sudah lebih populer.

Ini merupakan tantangan yang ingin dituntaskan perusahaan blockchain Platin (https://platin.io/). Dengan mengembangkan protokol Proof of Location (PoL) pada blockchain, Platin optimistis mampu membawa solusi baru bagi periklanan pasar ritel dengan teknologi baru.

Dalam keterangan tertulisnya, disebutkan PoL mengizinkan penempatan aset dan uang digital di lokasi mana pun. Aset digital dapat berupa mata uang kripto/cryptocurrency atau koin virtual, karakter, dokumen, gambar, kupon, dan barang digital lainnya. Menggunakan teknologi Platin, aset-aset ini bisa ditempatkan secara strategis pada lokasi yang bisa diakses konsumen dengan mudah dan mengambilnya.

“Pilihan kustomisasi membuatnya menjadi perangkat pintar dalam melakukan marketing,” ucap Co-founder dan CEO Platin, Allon Mason, Kamis (25/10/2018).

Dikatakannya, pelaku bisnis bisa menentukan jenis aset, persyaratan pengambilan, lokasi, jangka waktu, dan lain-lain guna mendorong keterlibatan pelanggan dan meningkatkan penjualan. Terdapat banyak skenario untuk memanfaatkan teknologi ini dalam berbisnis.

"Contohnya, sebuah department store yang buka di lokasi baru ingin menarik pelanggan mengunjungi cabangnya. Menggunakan airdrop geospasial dari Platin, department store baru bisa dengan strategis melakukan airdrop token crypto yang berfungsi sebagai kupon di sekitar lokasi baru agar orang-orang mengumpulkannya melalui smartphone mereka," tutur Allon Mason.

Lebih lanjut dijelaskan, smart contract atau Platin Policies, bekerja di belakang layar untuk mengoordinasi aktivitas-aktivitas ini dan membuka peluang baru untuk kegiatan marketing. Smart contract dapat mengharuskan seseorang untuk menonton video, memasukkan kode, atau mengunjungi lokasi fisik toko sebelum aset bisa ditukarkan dan didapatkan.

Selain itu, ucap Allon, aset-aset bisa diatur dengan geo-fence sehingga mereka hanya bekerja dalam area tertentu saja, atau mengubah aturan mereka tergantung lokasi. Ini memberikan keuntungan bisnis seperti menghitung ulang nilai diskon atau nilai pajak secara otomatis ketika pengguna berada dalam lokasi berbeda. "Atau malah membuat aset tidak bisa digunakan di lokasi berbeda," imbuhnya.

Dengan pertumbuhan persaingan pasar, membuat sistem insentif digital untuk menarik bisnis baru memiliki potensi yang sangat besar. Roadmap Platin mengungkapkan rencana perusahaan untuk memulai komersial airdrop pada kuartal ketiga tahun 2019.

Mereka akan mengadakan Token Generation Event (TGE) pada 29 Oktober 2018 untuk memacu perkembangan teknologinya yang berbasis token PTNX lebih jauh lagi. "Kami tengah mengeksplorasi potensi komersial dengan beberapa mitra global yang sangat menarik," ujar Mason.

Setelah berpartisipasi dalam Program Akselerator Blockchain Pemerintah Metropolitan Tokyo di awal 2018, pihaknya memiliki koneksi yang kuat dengan beberapa pelaku bisnis global terkemuka di Jepang dan Asia.

(mim)

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Blockchain Platin Bikin Bisnis Ritel Raup Lebih Banyak Konsumen"

Post a Comment

Powered by Blogger.