Search

Pakai Screen Time, CEO Apple Ngaku Terlalu Banyak Gunakan iPhone

loading...

CUPERTINO - Hari ini Apple merilis fitur Screen Time di perhelatan WWDC. Fitur itu mengukur berapa banyak waktu yang dihabiskan pengguna iPhone setiap hari dan setiap pekan pada masing-masing aplikasi yang ada.

Fitur juga memungkinkan pengguna untuk menetapkan batas waktu menggunakan aplikasi tertentu. Itu semua adalah bagian dari inisiatif Kesehatan Digital Apple yang disatukan setelah kekhawatiran kecanduan smartphone menjadi berita utama.

Laman Phone Arena, Selasa (5/6/2018) menyebutkan, sebelumnya komentator televisi, analis, dan ahli menuntut perusahaan melakukan sesuatu untuk menghentikan persoalan kecanduan ini.

Sepertinya Screen Time akan mengejutkan banyak pengguna iPhone yang tidak menyadari waktu yang mereka habiskan di handset-nya setiap hari. Salah satu pengguna iPhone tidak lain adalah CEO Apple, Tim Cook.

Eksekutif Apple itu mengungkapkan dalam sebuah wawancara dengan CNN hari ini, bahwa dirinya berpikir dialah yang paling disiplin ketika menggunakan iPhone-nya. Setelah secara pribadi menggunakan Screen Time untuk melacak waktu yang dihabiskannya di ponselnya setiap hari, Cook mengakui bahwa dia salah.

"Perangkat ini tidak membuat ketagihan. Itu yang Anda lakukan. Apakah kata itu 'kecanduan' atau tidak, saya tidak tahu. Setiap orang harus membuat keputusan ketika mereka mendapatkan angka mereka seperti apa ingin melakukannya," kata Tim Cook seperti dilansir dari CNN.

Fitur Apple dari platform Kesehatan Digital ini akan diluncurkan dengan merilis iOS 12 pada akhir 2018. Teknologi ini muncul beberapa pekan setelah Google mengumumkan di Google I/O inisiatif Kesejahteraan Digital.

Untuk kalangan pengguna Android, Google segera menghadirkan fitur yang bisa membuat mereka dapat melihat lamanya penggunaan ponsel telepon dalam kesehariannya. Begitu juga seberapa sering aplikasi yang berbeda digunakan dan berapa banyak notifikasi yang mereka terima dalam satu hari.

Google juga telah menambahkan fitur ke YouTube yang disebut "Reminder". Pemirsa YouTube dapat mengatur pengingat yang berbunyi dalam 15 menit hingga 180 menit, mengingatkan mereka untuk beristirahat dari lamanya menonton video.

Selama berbicara dengan CNN, Cook mengatakan, Apple percaya bahwa privasi adalah hak asasi manusia yang fundamental. "Hal privasi telah benar-benar di luar kendali. Saya pikir kebanyakan orang tidak mengetahui siapa yang melacak mereka, berapa banyak mereka dilacak dan semacam sejumlah besar data rinci yang ada di luar sana tentang mereka," paparnya.

(mim)

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pakai Screen Time, CEO Apple Ngaku Terlalu Banyak Gunakan iPhone"

Post a Comment

Powered by Blogger.